%0 Thesis %9 S2 %A Fasziah, Afita %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:55545 %I UNY %T Pengembangan Buku Ajar Membaca Berdasarkan Model Inkuiri Untuk Siswa Kelas VIII SMP Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/55545/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar membaca berdasarkan model inkuiri untuk siswa kelas VIII SMP dan mengetahui kelayakan buku ajar dari aspek materi, aspek penyajian, aspek bahasa dan aspek kegrafikan. Penelitian pengembangan ini menggunakan langkah-langkah pengembangan Borg & Gall meliputi: analisis kebutuhan, perencanaan penbuatan buku ajar, uji validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan produk akhir. Subjek penelitian terdiri atas ahli materi, ahli bahasa, ahli penyajian, ahli kegrafikan, guru bahasa Indonesia dan 32 siswa SMP Negeri 1 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar validasi untuk ahli materi dan penyajian, ahli bahasa, dan ahli kegrafikan; lembar pengkajian produk untuk guru bahasa Indonesia SMP Negeri 1, Negeri 5, Negeri 9 Yogyakarta, dan lembar respon siswa untuk peserta didik SMP Negeri 1 kelas VIII. Instrumen kelayakan menggunakan rating scale dengan skor berskala 1-5. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar membaca berdasarkan model inkuiri yang dikembangkan telah layak digunakan. Buku ajar membaca berdasarkan model inkuiri untuk siswa kelas VIII SMP Yogyakarta, menggunakan kurikulum 2013, terdiri atas delapan materi pokok teks berita, teks iklan, slogan, poster, teks eksposisi, teks puisi, teks ulasan, teks eksplanasi, teks persuasi, dan teks drama. Menurut para ahli buku tersebut sangat layak ahli materi: skor 76> 75,6, ahli penyajian: 53> 49,47, ahli bahasa: 85> 75,6, dan ahli kegrafikan: 232> 226,8. Menurut guru bahasa Indonesia buku tersebut layak, ahli materi: skor 69,333 49,47, ahli bahasa: 72,333