%0 Thesis %9 S1 %A Prasetyo, Panji %B Manajemen %D 2018 %F UNY:55531 %I Fakultas Ekonomi %T BRAND AMBASSADOR DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH CITRA MEREK (STUDI KASUS PADA XL AXIATA DI PELAJAR DAN MAHASISWAYOGYAKARTA) %U http://eprints.uny.ac.id/55531/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh brand ambassador terhadap citra merek, (2) pengaruh brand amabassador terhadap keputusan pembelian, dan (3) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, dan (4) pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh citra merek. Penelitian ini merupakan penelitian survey. dalam penelitian ini adalah pelajar dan mahasiswa Yogyakarta yang membeli dan mengunakan XL Axiata. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek konsumen XL Axiata, dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,482; (2) brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen XL Axiata, dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,561; (3) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen XL Axiata, dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,456; dan (4) brand ambassador tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen XL Axiata yang dimediasi oleh citra merek, dibuktikan dari koefisien mediasi sebesar 0,408 dan nilai signifikansi 0,000<0,05.