%0 Thesis %9 S2 %A Zuhdi, Rasyid %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:55530 %I UNY %K creative problem solving, android, science literacy, creativity and innovation %T Pengaruh Pembelajaran IPA Model Creative Problem Solving Berbantuan Android terhadap Science Literacy serta creativity and innovation Siswa SMP. %U http://eprints.uny.ac.id/55530/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh pembelajaran IPA berbasis creative problem solving berbantuan android terhadap science literacy siswa kelas VII SMP; serta (2) pengaruh pembelajaran IPA berbasis creative problem solving berbantuan android terhadap creativity and innovation siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kabupaten Kebumen yang telah menerapkan kurikulum 2013. Sekolah sampel dalam penelitian dikategorikan menjadi sekolah kategori tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan peringkat sekolah dalam ujian nasional, sehingga diperoleh SMPN 3 Kebumen, SMPN 1 Buluspesantren dan SMPN 6 Kebumen. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran berbasis creative problem solving dengan bantuan android. Teknik pengumpulan data melalui tes dan nontes. Instrumen pengumpulan data berupa soal science literacy, soal creativity and innovation, serta lembar observasi dan angket. Uji regresi linear dengan variabel dummy dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap masing-masing variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran IPA berbasis creative problem solving berbantuan android berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan science literacy siswa kelas VII SMP; serta (2) pembelajaran IPA berbasis creative problem solving berbantuan android berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan creativity and innovation siswa kelas VII SMP