TY - THES A1 - Sarah, Niken TI - ANALISIS SIKAP AUDIENCE TERHADAP PRODUCT PLACEMENT SAMSUNG DALAM DRAMA ?ANGRY MOM? PB - Fakultas Ekonomi AV - public ID - UNY55416 Y1 - 2017/08/24/ UR - http://eprints.uny.ac.id/55416/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan sikap audience atas strategi product placement berdasarkan demografi, movie enjoyment, dan frekuensi menonton drama dengan menggunakan dimensi attention, acceptance, reference dan ethics and regulations. Penelitian ini termasuk penelitian eksploratif dengan tujuan memberikan wawasan atas masalah yang dihadapi peneliti. Informasi yang dibutuhkan pada penelitian ini biasanya relatif dirumuskan secara longgar dan proses penelitiannya sendiri fleksibel dan tidak terstruktur. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta yang telah menyaksikan drama seri ?Angry Mom?, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 145 orang responden dengan teknik nonprobability sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner. Uji validitas instrument menggunakan Confirmatory Factor Analysis sedangkan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif dan MANOVA. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Sikap audience terhadap product placement Samsung yang mereka lihat dalam drama seri ?Angry Mom? termasuk dalam kategori sedang, Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis deskriptif dan kategorisasi yang telah dilakukan, (2) Tidak ada perbedaan sikap audience terhadap product placement berdasarkan latar belakang demografis. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi yang didapat lebih besar dari 0,05, yakni attention 0,328; acceptance 0,484; reference 0,295; ethics and regulations 0,660. Angka ini menunjukkan bahwa hipotesis ditolak dan tidak ada perbedaan secara rata-rata berdasarkan demografis didalamnya. (3) Ada perbedaan sikap audience terhadap product placement berdasarkan Movie Enjoyment atau tingkat kenyamanan dalam menyaksikan drama.. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi yang didapat lebih kecil dari 0,05, yakni masing ? masing dimensi memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000. Angka ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima dan ada perbedaan secara rata-rata berdasarkan movie enjoyment didalamnya. (4) Tidak ada perbedaan sikap audience terhadap product placement berdasarkan frekuensi dalam menyaksikan drama. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi yang didapat lebih besar dari 0,05, yakni attention 0,458; acceptance 0,941; reference 0,311; ethics and regulations 0,753. Angka ini menunjukkan bahwa hipotesis ditolak dan tidak ada perbedaan secara rata-rata berdasarkan demografis didalamnya M1 - skripsi ER -