?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F5540%2F&rft.title=KOMODIFIKASI+SEKS+DAN+PORNOGRAFI+DALAM+REPRESENTASI+ESTETIKA+IKLAN+KOMERSIAL+DI+MEDIA+MASSA+&rft.creator=Kasiyan%2C+M.Hum.&rft.subject=Seni+Rupa&rft.subject=LPPM&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+komodifi%C2%ACkasi+seks+dan+pornografi+yang+terepresentasi+dalam+estetika+iklan+komersial+di+media+massa%2C+yang+difokuskan+pada+ha-hal+sebagai+berikut.+1)+Dimensi+penanda+dan+petanda+yang+digunakan%3B+dan+2)+Faktor-faktor+yang+mempengaruhi+kecenderungan+adanya+main%C2%ACstream+konstruksi+fenomena+iklan+komersial+di+media+massa+yang+mengkomodifikasikan+daya+tarik+seks+dan+pornografi+tersebut.+Metode+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+jenis+kualitatif%2C+dengan+pendekatan+multidisiplin%E2%80%94model+pendekatan+ini%2C+dalam+perspektifnya+Julia+Kristeva%2C+dikenal+sebagai+%E2%80%98inter-textualilty%E2%80%99%E2%80%94yang+lebih+difokuskan+pada+pendekatan+semiotis+dan+sosilogis.+Penelitian+ini+dibatasi+pada+iklan+yang+terdapat+di+media+massa+cetak%2C+yakni+dari+majalah+(Femina+dan+Matra)+terbitan+tahun+2002+dan+surat+kabar+(Kompas)+terbitan+tahun+2006%2C+yang+dipilih+secara+purposive.+Hasil+penelitian+ini+dapat+dideskripsikan+sebagai+berikut.+Pertama%2C+representasi+wujud+visual+(penanda)+dan+isi+pesan+(petanda)+komodifikasi+seks+dan+pornografi+dalam+Iklan%2C+yang+tampak+dominan+digunakan+adalah+ilustrasi+berupa+foto+tubuh+perempuan.+Eksploitasi+tubuh+perempuan+tersebut%2C+jika+dilihat+secara+semiotis+dari+sisi+penandanya%2C+yakni+berupa+penonjolan+daya+tarik%2C+baik+yang+sifatnya+keseluruhan+tubuh+atau+organ-organ+tubuh+sensitif+atau+vitalnya+tertentu.+Sedangkan+jika+dilihat+dari+sisi+makna+petandanya%2C+dapat+dikategorikan+menjadi+dua%2C+yakni%3A+a)+petanda+untuk+iklan+yang+memang+produknya+ada+kaitannya+dengan+dimensi+%E2%80%98ketubuhan%E2%80%99%2C+terutama+perempuan%2C+misalnya+iklan+untuk+produk+jasa+perawatan+tubuh%3B+dan+b)+petanda+untuk+iklan+yang+sebenarnya+produk+yang+ditawarkan+itu+adalah+sama+sekali+tidak+ada+hubungannya+dengan+dimensi+%E2%80%98ketubuhan%E2%80%99%2C+misalnya+iklan+untuk+hand+phone.+Kedua%2C+terkait+dengan+faktor+penyebab+adanya+kecenderungan+untuk+menggunakan+unsur+daya+tarik+seks+dan+pornografi%2C+sebagai+sistem+tandanya+dalam+iklan+komersial+di+media+massa%2C+sebenarnya+dapat+disebutkan+amat+kompleks.+Namun+berdasarkan+interpretasi+secara+hermeneutik%2C+paling+tidak+dapat+ditemukan+dua+faktor+mendasar%2C+yakni%3A+a)+%E2%80%98keabadian%E2%80%99+spirit+seks+untuk+mempengaruhi+peradaban+manusia%2C+dan+b)+kedua+adalah+%E2%80%98keabadian%E2%80%99+spirit+%E2%80%98primitivisme%E2%80%99+dalam+kebudayaan+manusia%2C+terutama+yang+terkait+dengan+apa+yang+diistilahkan+dengan+konsep+%E2%80%98mitos%E2%80%99.+FBS%2C+2006+(PEND.+SENI+RUPA)+&rft.date=2006-12-31&rft.type=Experiment%2FResearch&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F5540%2F1%2FKasiyan.pdf&rft.identifier=++Kasiyan%2C+M.Hum.++(2006)+KOMODIFIKASI+SEKS+DAN+PORNOGRAFI+DALAM+REPRESENTASI+ESTETIKA+IKLAN+KOMERSIAL+DI+MEDIA+MASSA.++%5BExperiment%2FResearch%5D+++++