%0 Thesis %9 S2 %A Sari, Intan Kartika %B Program Pascasarjana %D 2018 %F UNY:55345 %I UNY %K Problem-Based Learning, Project-Based Learning, kemampuan berpikir kritis, motivasi berprestasi. %T Pengaruh Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas V SD Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/55345/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi; (2) pengaruh project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi; dan (3) perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi kelompok yang belajar menggunakan PBL dan kelompok yang belajar menggunakan PjBL Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent comparison-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lempuyangwangi tahun 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes kemampuan berpikir kritis dan skala motivasi berprestasi. Analisis data menggunakan Uji-t dan univariate Analysis of Variance dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) PBL berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi, dengan masing-masing nilai P=0,000 (P<0,05); (2) PjBL berpengaruh positif dan siginifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi, dengan masing-masing nilai P=0,000; (P<0,05); dan (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi yang signifikan dan positif kelompok yang belajar menggunakan PBL dan kelompok yang belajar menggunakan PjBL, dengan masing-masing nilai P=0,000; (P<0,05).