eprintid: 55314 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/53/14 datestamp: 2018-02-02 07:22:36 lastmod: 2019-10-01 11:30:52 status_changed: 2018-02-02 07:22:36 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Nurrohmah Hidayati, Nurrohmah Hidayati title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, SMK N 3 Klaten abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PLT) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa program S1 Kependidikan. Mata kuliah PLT mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Program PLT bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, club, atau lembaga pendidikan. Pelaksanaan kegiatan PLT Universitas Negeri Yogyakarta dimulai tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017 berlokasi di SMK N 3 Klaten. Mahasiswa mengajar mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan X JB 2, Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia XI JB 4 dan XI JB 5 dan Tata Hidang kelas XII JB 4 yang berada di SMK N 3 Klaten. Mata pelajaran yang diampu mahasiswa sesuai dengan mata pelajaran yang diampu oleh guru pembimbing. Mahasiswa mengajar pelajaran teori dan praktik. Dalam pelajaran teori mahasiswa menggunakan pendekatan scientific dan metode yang digunakan yaitu discovery learning dan picture and picture. Sedangkan untuk pelajaran praktik mahasiswa menggunakan metode praktikum dan demostrasi. Mahasiswa telah melaksanakan praktik mengajar 79 jam pelajaran dengan 15 kali pertemuan, membantu guru pembimbing mengajar dengan alokasi waktu sebanyak 58 jam dengan 8 kali pertemuan dan kegiatan non mengajar dengan alokasi waktu 31 jam. Hasil dari kegiatan PLT yaitu secara keseluruhan kegiatan mengajar maupun non mengajar yang dilakukan mahasiswa sudah baik. Hanya saja diawal mengajar mahasiswa mendapatkan saran agar mahasiswa lebih bisa mengolah waktu dengan baik dan sumber untuk materi pelajaran perlu ditambah lagi. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Nurrohmah Hidayati, Nurrohmah Hidayati (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/55314/1/Nurrohmah%20Hidayati_14511241053.pdf