%T IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 1 SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 %D 2018 %I Fakultas Ekonomi UNY %A NUR FAUZIYYAH EKA PRATIWI %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi meningkat dari siklus I sebesar 76,38% menjadi 91,30% pada siklus II. Jumlah siswa yang memperoleh skor Aktivitas Belajar Akuntansi ≥75% meningkat dari siklus I sebanyak 13 siswa (56,52%) menjadi 23 siswa (100%) pada siklus II. Hasil analisis data siklus II menunjukkan bahwa skor tersebut sudah mencapai kriteria minimal yang ditentukan yaitu sebesar 75%. Terdapat 10 indikator Aktivitas Belajar Akuntansi dalam penelitian ini dan kesepuluh indikator tersebut telah mencapai kriteria minimal yang ditentukan yaitu 75%. Selain itu secara individual skor Aktivitas Belajar Akuntansi yang diperoleh masing-masing siswa juga telah mencapai kriteria minimal yaitu 75%. %K Teams Games Tournament (TGT), Aktivitas Belajar Akunansi, Penelitian Tindakan Kelas %L UNY55309