TY - THES ID - UNY55307 KW - Media Pembelajaran KW - Akuntansi KW - Smart Accounting KW - Android KW - ADDIE. Y1 - 2018/// A1 - AZIZAH, NUR TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SMART ACCOUNTING BERBASIS ANDROID PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 PB - Fakultas Ekonomi UNY AV - public M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media Pembelajaran Aplikasi Smart Accounting berbasis Android pada Materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas X Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran aplikasi Smart Accounting berbasis Android berdasarkan validasi/penilaian dari ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran akuntansi; (3) mengetahui penilaian siswa terhadap aplikasi Smart Accounting berbasis Android. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti model pengembangan ADDIE hanya sampai tahap keempat. Pada tahap Development, Smart Accounting dinilai kelayakannya oleh 1 ahli materi (dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY), 1 ahli media (dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY) dan 1 praktisi pembelajaran (guru akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta). Pada tahap implementasi melalui tiga tahapan yaitu uji coba perorangan (3 siswa), uji coba kelompok kecil (9 siswa) dan penelitian lapangan (30 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Smart Accounting dikembangkan melalui empat tahapan yaitu: a) Analisis (Analysis), b) Desain (Design), c) Pengembangan (Development), dan d) Implementasi (Implementation); (2) tingkat kelayakan media pembelajaran aplikasi smart accounting berbasis android berdasarkan penilaian Ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,84 yang termasuk dalam kategori sangat layak, Ahli media diperoleh rata-rata skor 4,41 yang termasuk dalam kategori sangat layak, Praktisi pembelajaran akuntansi diperoleh rata-rata skor 4,22 yang termasuk dalam kategori sangat layak; (3) Penilaian siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Koperasi Yogyakarta diperoleh rata-rata skor keseluruhan 4,24 yang termasuk dalam kategori sangat layak. UR - http://eprints.uny.ac.id/55307/ ER -