eprintid: 55301 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/53/01 datestamp: 2018-02-02 04:31:03 lastmod: 2019-10-01 11:29:18 status_changed: 2018-02-02 04:31:03 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Lisa Arifah Zulmi, Lisa Arifah Zulmi title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING PLT UNY 2017 ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, SMK Negeri 2 Wonosari. abstract: Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoretis yang telamh dai tdei ri perkuliahan. Pada saat PL Tini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teo-rtieori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pasdaaa t di perkuliahan. Kegiatan PLT dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai paelanmgan mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pend idik. Kegiatan PLT ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajarTa n PL langsung pada lingkungan seko.l aShekolah yang digunakan sebagai tempat praktek ini adalah SMK Negeri 2 Wonosa,r iyang dliaksanakan mulai dari tanggal 15 September 201 7hingga tanggal 51 November 201.7 Pelaksanaan PTL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas padaa nke giat PLT ini diharapkan dapat dilakukna minimal 4 kali pertemua. nMetode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara ladinis,c overy, inquiry, kooperatif, dan diskusi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberaipaa, med antara lain gambar dan samp. eBl anyak kendala dan hambat asnelama waktu dilaksanakannya PLT, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik terlalu ramai maupun dalam penyelesaian administrasi buku kerja .g uru Adanya kegiatan PLT ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia penkadnid ikhususnya di sekol ah serta kerjasama, kerja keras dan disipli nd alam mendukung terlaksananya program-program PLT dengan sukses. Dengan terselesaikannyaia tkaeng PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berku alitas. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Lisa Arifah Zulmi, Lisa Arifah Zulmi (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING PLT UNY 2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/55301/1/LAPORAN%20PLT%20FIX%20LPPMP_LISA%20ARIFAH%20ZULMI_14502244010.pdf