@techreport{UNY55285, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {A?bed Khurin Tasniimul Anaam A?bed Khurin Tasniimul Anaam}, journal = {Laporan PPL}, type = {Project Report}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)}, year = {2017}, abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa UNY khususnya program studi kependidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMKN 2 Wonosari dengan tahapan metode meliputi : 1) Melakukan observasi kondisi lembaga, kondisi sekolah dan pembelajaran di kelas. 2) Melakukan persiapan pembelajaran dengan melengkapi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Labsheet Praktik, dan lainnya, dan 3) Melaksanakan praktik mengajar Pemrograman Dasar, Komputer dan Jaringan Dasar, dan Sistem Komputer ditambah dengan melakukan evaluasi dalam bentuk pekerjaan rumah setiap selesai satu kompetensi dasar (KD). Hasil dari pelaksanakan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini adalah (1) Terselesaikannya tugas PLT dengan pelaksanaan selama 2 bulan dari mulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. (2) Hasil nilai pekerjaan rumah setiap satu Kompetensi dasar (KD) 70\% dari semua siswa mendapat nilai diatas atau sama dengan nilai KKM (75). 25 \% siswa mendapat nilai kurang 5 dari nilai KKM dan 5 \% siswa mendapat nilai kurang 10 dari nilai KKM. (3) Didapatkan pengalaman menjadi seorang pendidik yang mana selain menghadapi murid seorang pendidik juga harus menyiapkan buku ajar sebagai administrasi mengajar yang berisi Silabus, Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Job Sheet dan lainnya.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/55285/}, keywords = {PLT, Pemrograman Dasar, Komputer dan Jaringan Dasar, Ssistem Komputer, SMK Negeri 2 Wonosari.} }