eprintid: 55197 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/51/97 datestamp: 2018-01-31 01:25:22 lastmod: 2019-10-01 11:29:57 status_changed: 2018-01-31 01:25:22 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Muhammad Rizki, Muhammad Rizki title: LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT UNY, SMK Muhammadiyah 1 Sleman, TKR abstract: Praktik Lapangan Tebimbing merupakan Program yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta pada Semester 7 (Tujuh) adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa calon guru untuk mengenal dunia kependidikan khusus nya pada bidang keguruan secara nyata, sehingga mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan kapasitasnya sebagai seorang calon guru, sebelum mereka benar-benar terjun dalam dunia kependidikan. Selain itu Program PLT dapat membantu mahasiswa calon guru memaksimalkan potensi mereka, memberikan pengalaman di berbagai aspek dan sisi lain di dalam dunia pendidikan. Kegiatan observasi dilakukan untuk mengetahui kondisi sekolah, sarana prasarana yang ada di sekolah, mengetahui metode guru dalam mengajar, dan juga untuk mengetahui kondisi kelas pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Kegiatan PLT dilaksanakan dari tanggal 18 September 2017 s.d. 18 November 2017 atau kurang lebih selama 2 bulan yang bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Sleman yang beralamat di Jln. Magelang KM. 13, Panasan, Desa Triharjo, Kec. Sleman, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sleman. Kegiatan yang dilakukan selama PLT antara lain adalah persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan media pembelajaran, melakukan praktik mengajar terbimbing dan mandiri serta evaluasi. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), mahasiswa mendapatkan tambahan wawasan bagaimana cara guru memngajar, menangani murid dan kesulitan dalam belajar teknik otomotif, bagaimana pengkondisian kelas agar pembelajaran menyenangkan dan tidak monoton. Selain ilmu-ilmu praktis tentang dunia otomotif yang kami dapatkan berbagai pengalaman dan pengembangan berbagai dalam dunia pendidikan pun kami terima, sehingga dalam proses Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) terasa manfaatnya untuk tumbuh kembang pengetahuan, penglaman dan wawasan mahasiswa sehingga mereka dapat meningkatkan profesionalitas selaku calon tenaga pendidik. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Muhammad Rizki, Muhammad Rizki (2017) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/55197/1/14504241019_Muhammad%20Rizki_Laporan%20PLT%20SMK%20MUH%201SLEMAN.pdf