%L UNY5518 %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran cooperative tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman konsep IPS pada kelas V SD se gugus Diponegoro. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri Mlawat dan SD Negeri Sumbangrejo, Pamotan, Rembang seluruhnya berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal tes pilihan ganda. Untuk menentukan validitas instrumen dihitung dengan program komputer seri program statistik (SPS-2000). Ada 2 data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu data pretest dan posttest. Data tersebut dianalisis secara kuantitatif dengan uji hipotesis t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran cooperative tipe Numbered Head Together (NHT) memiliki peranan terhadap pemahaman konsep siswa dalam mempelajari materi-materi pada mata pelajaran IPS. Selain itu juga memperbaiki proses pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempersiapkan kemerdekaan indonesia pada siswa kelas V. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas. Hasil uji hipotesis menunjukkan harga thitung > ttabel (0,54 > 0,05). Sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat perbedaan pemahaman konsep IPS antara siswa yang diajar dengan strategi cooperative tipe Numbered Head Together (NHT) dan siswa yang diajar dengan strategi ekspositori. Kata kunci: Numbered Head Together dan pemahaman konsep IPS %A Yuli Rahmawati %D 2012 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS V SD NEGERI SE GUGUS DIPONEGORO KECAMATAN PAMOTAN KABUPATEN REMBANG