eprintid: 55169 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/51/69 datestamp: 2018-01-30 04:41:00 lastmod: 2019-10-01 11:26:14 status_changed: 2018-01-30 04:41:00 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Della Romora, Della Romora title: LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT (Praktik Lapangan Terbimbing), SMP Negeri 1 Pakem, Bahasa Inggris abstract: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah praktik sejumlah 3 SKS yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa S1 program studi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini merupakan sebuah wadah untuk mengasah dan menerapkan pengetahuan, kemampuan, serta ketrampilan yang telah diperoleh mahasiswa di dalam kegiatan perkuliahan untuk diterapkan secara nyata di sekolah maupun lembaga terkait sebagai calon tenaga pendidik yang preofesional. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman sebagai pendidik yang profesional dalam nilai, pengetahuan, sikap, dan ketrampilan sebagai bekal dalam mengembangkan kompetensi diri yang dimiliki. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan dari tanggal 15 September hingga 15 November di SMP Negeri 1 Pakem. Kelompok mahasiswa PLT terdiri dari empatbelas mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas Negeri Yogyakarta. Selama kegiatan PLT berlangsung, mahasiswa melaksanakan praktik mengajar terbimbing dan mandiri pelajaran Bahasa Inggris di dua kelas, yaitu kelas 8A dan 8B. Dari keseluruhan praktik mengajar, mahasiswa telah melaksanakan praktik mengajar selama kurang lebih 20 kali. Selama kegiatan PLT berlangsung, mahasiswa dapat bekerja sama dengan baik dengan pihak sekolah, guru pembimbing, dan juga siswa. Sehingga kegiatan dapat berjalan secara lancar dan kondusif. Secara umum, kegiatan PLT ini memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa dalam hal mengajar, seperti perencanaan, penyusunan media pembelajaran, proses kegiatan belajar mengajar, dan pengelolaannya. Selain itu, mahasiswa telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga dapat terlaksana. Munculnya hambatan selama pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Mahasiswa berharap, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Della Romora, Della Romora (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/55169/1/LAPORAN%20INDIVIDU%20DELLA%20ROMORA.pdf