%L UNY55140 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan Penelitian kualitatif ini menganalisis konten cerita rakyat masyarakat Nusa Tenggara Timur dengan nilai pendidikan karakter dan relevansinya sebagai bahan bacaan Gerakan Literasi Bangsa. Subjek Penelitian adalah lima cerita rakyat Nusa Tenggara Timur, yaitu Hasil penelitian menunjukkan nilai pendidikan karakter yang paling banyak dimuat dalam cerita rakyat masyarakat Nusa Tenggara Timur adalah kerja keras, sedangkan nilai yang sama sekali tidak termuat dalam kelima cerita rakyat tersebut adalah rasa ingin tahu, cinta tanah air, dan gemar membaca. Kelima cerita rakyat masyarakat Nusa Tenggara Timur relevan untuk digunakan sebagai bahan bacaan Gerakan Literasi Bangsa. Kata Kunci: cerita rakyat, nilai pendidikan karakter, Gerakan Literasi Bangsa %A SALIMULLOH TEGAR SANUBARIANTO %A Pratomo Widodo %T NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEKS CERITA RAKYAT MASYARAKAT NUSA TENGGARA TIMUR DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN BACAAN GERAKAN LITERASI BANGSA %I UNY %D 2018