%L UNY55125 %K Media pembelajaran, Trainer Kit, Dasar-dasar Elektronika, SMK %A Riyanto Arip Dwi %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran trainer kit transistor, (2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran trainer kit transistor, (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap trainer kit transistor sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar-dasar Elektronika di SMK Hamong Putera II Pakem. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembanggan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Media pembelajaran ini dikembangkan menggunakan software PCB Wizard dan CorelDraw X7. Subyek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi dan siswa SMK Hamong Putera II Pakem sejumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert dengan empat pilihan dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini: (1) pengembangan media pembelajaran trainer kit transistor dan buku panduan praktikum; (2) hasil penilaian ahli media memperoleh rerata skor 95 dari skor maksimal 116 dengan kategori layak dan penilaian ahli materi memperoleh rerata skor 90,5 dari skor maksimal 116 dengan kategori layak; (3) respon siswa terhadap media pembelajaran trainer kit transistor dan buku panduan praktikum menyatakan bahwa 40% siswa menilai sangat baik dan 60% siswa menilai baik dengan rerata skor adalah 91,53 dari skor maksimal 108 termasuk dalam kategori baik sebagai media pembelajaran. %I Fakultas Teknik %D 2018 %T PENGEMBANGAN TRAINER KIT PADA KOMPETENSI MEMAHAMI APLIKASI RANGKAIAN TRANSISTOR DI SMK HAMONG PUTERA II PAKEM