%0 Thesis %9 S1 %A Bayudi, Muchamad %A Sri Mawarti, %B PGSD Penjaskes %D 2018 %F UNY:55119 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K Persepsi, PLT, PGSD Penjas, Proses pembelajaran, Penjas %T PERSEPSI MAHASISWA PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) PRODI PGSD PENJAS TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENJAS DI SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN KULONPROGO TAHUN AJARAN 2017/2018 %U http://eprints.uny.ac.id/55119/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa PLT prodi PGSD Penjas terhadap proses pembelajaran penjas di Sekolah Dasar seKabupaten Kulonprogo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode survei. Instrumen penelitian ini berupa angket tertutup. Instrumen yang digunakan mempunyai validitas sebesar 0,260 – 0,719 dan reliabilitas 0,914 dengan taraf signifikan 0,05. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Penjas yang melaksanakan PLT di Sekolah Dasar se-Kabupaten Kulonprogo tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 68 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa PLT prodi PGSD Penjas terhadap proses pembelajaran penjas di Sekolah Dasar seKabupaten Kulonprogo tahun ajaran 2017/2018 sebagian besar masuk dalam kategori baik. Secara rinci menunjukkan bahwa 61,76% masuk dalam kategori baik, 38,24% masuk dalam kategori cukup baik, 0% masuk dalam kategori kurang baik, dan 0% masuk dalam kategori tidak baik.