@techreport{UNY55083, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, title = {LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMPN 3 TEMPEL}, author = {Nina Fauzia Nina Fauzia}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, type = {Project Report}, year = {2017}, abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib bernilai tiga SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik. Mahasiswa juga diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Dengan pelaksanaan PLT ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama pengalaman mengajar. Adapun program ini dilaksanakan di SMP N 3 Tempel. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 15 September 2017 dan diakhiri pada tanggal 15 November 2017. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan program yang dilaksanakan oleh UNY dimana PLT dianggap sebagai suatu wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan proses pembelajaran dan disiplin ilmu yang diperoleh selama di bangku kuliah. Sebelum mahasiswa diterjunkan ke sekolah, mahasiswa terlebih dahulu mendapatkan pembekalan dan kuliah microtraching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Adapun program-program PLT yang dilakukan oleh penulis diantaranya pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, evaluasi pembelajaran, pengoreksian tugas siswa, pembuatan soal ulangan harian. Melalui kegiatan PLT, mahasiswa dapat meningkatkan pengalaman berharga untuk dapat menjadi guru dengan pribadi professional, penuh rasa tanggung jawab dan menjadi sarana untuk membiasakan mahasiswa dengan berbagi permasalahan yang ada dalam kegiatan pembelajaran sehingga terlatih untuk kritis, berimprovisasi, melakukan peningkatan dalam kegiatan pembelajaran. Keberhasilan pelaksanaan PLT ini, hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan mempertahankan dan meningkatkan kerjasama dengan SMP N 3 Tempel, supaya PLT di masa mendatang akan lebih baik dan lebih menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa, dan mahasiswa praktikan itu sendiri.}, keywords = {PLT, Pelaksanaan PLT, Hasil}, url = {http://eprints.uny.ac.id/55083/} }