@techreport{UNY55082, author = {Kukuh Saptoaji Kukuh Saptoaji}, title = {LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMP N 3 TEMPEL}, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2017}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {PLT,Praktik Mengajar, PJOK,SMP Negeri Tempel}, url = {http://eprints.uny.ac.id/55082/}, abstract = {Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan program wajib bagi setiap mahasiswa kependidikan. Tujuan dari pelaksanaan PLT adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Kegiatan PLT bersifat aplikatif, yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus untuk dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. PLT juga merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang dimiliki sesuai bidang masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan meningkatkan skill mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik persekolahan. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September-15 November 2017 di SMP Negeri 3 Tempel. Mahasiswa PLT bertugas untuk mempersiapkan keperluanatau perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi yangdiampu guru pembimbing. Guru pembimbing memberikan kesempatan terhadapmahasiswa dalam mengelola kelas serta memberikanarahan dan bimbingan kepada mahasiswa.Kegiatan PLT meliputi kegiatan yang diprogramkan oleh UNY, kelompok maupun individu yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi, pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar. Hasil dari kegiatan PLT di SMP Negeri 3 Tempel antara lain praktik mengajar mata pelajaran PJOK sebanyak masing-masig7 kali tatap muka di kelas VII A,E dan F dan 8 D,T 2 kali tatap muka kelas 9 T. Pelaksanaan kegiatan PLT di SMP Negeri 3 Tempel dapat dilaksanakandengan lancarberkat adanya komunikasi dan kerjasama yang baik antara warga sekolah,kepala sekolah, dan mahasiswa.Hal ini tidak terlepas juga dari peran guru pembimbing dalam membimbingmahasiswa PLTserta peran siswa selama kegiatan belajarmengajar (KBM). Dengan demikian, kegiatan PLT ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah maupun kepada mahasiswa sendiri untuk mengembangkan kemampuannya dan mengaplikasikan pengetahuan pengalaman praktik mengajar di kelas agar dapat berguna dimasa depan. Kegiatan mengajar ini sangat bermanfaat bagi saya pribadi di antaranya : 1. Menambah tingkat percaya diri saya sendiri 2. Meningkatkan kualitas publik speaking 3. Mendapatkan pengalaman baruyang tidak di ajarkan di bangku perkuliahan} }