%0 Thesis %9 S1 %A Widianingsih, Noor Tri %B Pendidikan Guru Sekolah dasar %D 2012 %F UNY:5507 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGARUH KULTUR SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN MORAL SISWA KELAS 5 SD NEGERI MINOMARTANI VI NGAGLIK SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/5507/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya dan besaran pengaruh positif kultur sekolah terhadap kecerdasan moral siswa kelas 5 SD N Minomartani VI Ngaglik Sleman. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Minomartani VI, pada bulan Maret - April2012. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD N Minomartani VI yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa angket (kuesioner) berskala. Pelaksanaan pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Validitas item instrumen dihitung dengan korelasi product moment dan dikoreksi dengan rumus koefisien alpha. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment dan analisis regresi. Perhitungan data dan hasil analisisnya menggunakan bantuan komputer dengan program SPSS (Statistical Package for Social Sciense). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kultur sekolah dan kecerdasan moral siswa kelas 5 yang ada di SD Minomartani VI termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa ada hubungan positif antara kultur sekolah dengan kecerdasan moral, hal ini ditunjukkan dengan besaran koefisien korelasi (R) sebesar 0,449. Besarnya kontribusi atau tingkat signifikasi pengaruh kultur sekolah terhadap kecerdasan moral sebesar 14,1% dengan persamaan regresi Y’ = 80,340 + 0,173X. Sisanya 85,9% ditentukan oleh faktor lain. Kata kunci: kultur sekolah, kecerdasan moral