@phdthesis{UNY5504, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2012}, month = {May}, title = {MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA PECAHAN MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS IVB SEKOLAH DASAR NEGERI KEPUTRAN A YOGYAKARTA }, author = {Mahilda Dea Komalasari}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IVB Sekolah Dasar Negeri Keputran A Yogyakarta terhadap konsep penjumlahan dan pengurangan pada pecahan melalui penerapan Teori Belajar Bruner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IVB Sekolah Dasar Negeri Keputran A Yogyakarta dengan jumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Teori Belajar Bruner dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IVB SDN Keputran A Yogyakarta terhadap konsep penjumlahan dan pengurangan pada pecahan. Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Keuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pre-test sebesar 9,1\%, akhir siklus I sebesar 78,79\%, dan akhir siklus II semua siswa (100\%) mencapai KKM, sedangkan nilai rata-rata tes sebelum tindakan adalah 46,52, akhir siklus I 69,63, dan akhir siklus II 80,97. Kata kunci : Teori Belajar Bruner, pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pada pecahan, siswa kelas IVB. }, url = {http://eprints.uny.ac.id/5504/} }