%K penilaian kinerja guru, PKG, RUP, dan ISO 25010 %X Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengembangkan sistem informasi penilaian kinerja guru berbasis web di SMK 2 Negeri Yogyakarta, (2) mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, dan reliabilitas sistem informasi penilaian kinerja guru berbasis web di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Rational Unified Process (RUP) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap inception, elaboration, construction, dan transition. Pengujian kualitas menggunakan karakteristik standar kualitas ISO 25010 yaitu: functional suitability, usability, dan reliability. Pengujian functional suitability menggunakan metode black-box testing oleh ahli pengembang perangkat lunak. Pengujian usability menggunakan angket dengan responden asesor dan tim pelaksana penilaian kinerja guru di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Pengujian reliability menggunakan stress testing dengan aplikasi WAPT. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) sistem informasi penilaian kinerja guru yang menjadi alat bantu bagi asesor untuk mempermudah penghitungan dan perekapan, (2) pengujian functional suitability untuk mengukur validitas sistem yang dikembangkan mendapatkan nilai Feature Completeness sebesar 1 dengan kategori “Baik”, (3) pengujian usability untuk mengukur kepraktisan sistem yang dikembangkan mendapatkan prosentase skor sebesar 91,3% dengan kategori “Sangat Baik” dan nilai konsistensi Alpha Cronbach sebesar 0,985 dengan kriteria “Excellent”, (4) Pengujian reliability untuk mengukur reliabilitas sistem yang dikembangkan mendapatkan tingkat kesalahan sebesar 0% dan tingkat keberhasilan 100% dengan kategori “Baik”. %A Hikam Mukta %L UNY55033 %I Fakultas Teknik %D 2018 %T ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA GURU BERBASIS WEB DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA