%T MINAT BERWIRAUSAHA DI BIDANG FASHION PADA SISWA KELAS XI TATA BUSANA SMK NEGERI 2 GODEAN %D 2018 %I Fakultas Teknik %L UNY55024 %X Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui minat berwirausaha di bidang fashion pada siswa kelas XI SMK N 2 Godean; mengetahui minat berwirausaha di bidang fashion yang ditinjau dari faktor eksternal pada siswa kelas XI SMK N 2 Godean; mengetahu minat berwirausaha di bidang fashion yang ditinjau dari faktor internal pada siswa kelas XI SMK N 2 Godean; mengetahui faktor yang dominan dalam minat berwirausaha di bidang fashion pada siswa kelas XI SMK N 2 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu: siswa kelas XI Tata Busana 1,2,3 di SMK N 2 Godean sebanyak 91 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket (kuisioner). Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Pembuktian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat berwirausaha di bidang fashion pada siswa kelas XI Tata Busana SMK N 2 Godean termasuk dalam kategori tinggi (77,3%), sedangkan minat berwirausaha secara keseluruhan mencakup sedang (20%), rendah (2,7%) dan sangat rendah (0%), skor mean ideal 120, dan rerata yang didapatkan 149,52; (2) Minat berwirausaha di bidang fashion yang ditinjau dari faktor eksternal pada siswa kelas XI SMK N 2 Godean, berada dalam katergori tinggi (84%), sedang (12%), rendah (4%), dan sangat rendah (0%) dengan skor rata-rata 58,47 point; (3) Minat berwirausaha di bidang fashion yang ditinjau dari faktor internal pada siswa kelas XI SMK N 2 Godean berada dalam katergori tinggi (64%), sedang (33,3%), rendah ( 2,7%), dan sangat rendah (0%) dengan skor rata-rata 92,11 point; (4) Faktor dominan dalam minat berwirausaha di bidang fashion pada siswa kelas XI SMK N 2 Godean adalah faktor eksternal. %A Nurfendah Yeti %K Minat berwirausaha, Faktor eksternal, Faktor Internal