%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. 2) Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. 3) Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. 4) Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru, dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 115 siswa. Data dikumpulkan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang yang ditunjukkan dengan nilai rx1y=0,491, r2x1y=0,241, dan thitung (5,998) > ttabel (1,552). 2) Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang yang ditunjukkan dengan nilai rx2y=0,391, r2x2y=0,153, dan thitung (4,511) > ttabel (1,552). 3) Lingkungan Keluarga berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang yang ditunjukkan dengan nilai rx3y=0,328, r2x3y=0,108, dan thitung (3,692) > ttabel (1,552). 4) Motivasi Belajar, Persepsi siswa tentang Kompetensi Guru, dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang yang ditunjukkan dengan nilai Rx(1,2,3)y=0,576, R2x(1,2,3)y= 0,332, Fhitung (18,412) > Ftabel (2,70). Nilai SR X1=32,59%, X2=28,43%, X3=38,98% sedangkan total Sumbangan Efektif yaitu 33,20%. %A Bebi Ratnasari %K Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang, Motivasi Belajar, Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru, Lingkungan Keluarga %L UNY54958 %T PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KOMPETENSI GURU, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017 %D 2018 %I Fakultas Ekonomi UNY