TY - CONF UR - http://staffnew.uny.ac.id/staff/131474283 N2 - E-learning sebagai salah satu metode delivery dalam pembelajaran dapat dimanfaatkan pada semua situasi pembelajaran. Pada proses pembelajaran di kelas, e-learning dapat digunakan sebgai media. Pada distance learning, e-learning diwujudkan dalam pembelajaran berbasis web, dan dapat digunakan pada pemebelajaran sinkron maupun asinkron. Di Indonesia pemanfaatane-learning sudah lebih 10 tahun peringkat kesiapan e- learning Indonesia masih pada posisi 52 dari 60 negara (2003) dan posisi 60 dari 65 negara (2005). Hal ini mengindikasikan pengembangan e-learning masih dalam tataran parsial, belum komprehensip. Selain itu, implementasi yang sudah ada belum memilki standar untuk penilaian kualitas. Pengembangan e-learning yang parsial telah mengakibatkan para guru enggan untuk memanfaatkan secara optimal, walaupun e-learning memberi pengaruh yang positif dalam pembelajaran. Padahal guru yang profesional dituntut untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran agar diperoleh hasil belajar yang optimal. Pengembangan e-learning menuntut perubahan lingkungan yang membentuk kultur. Oleh sebab itu pengembangan e-learning secara komprehensif dengan memperhatikan dan mengukur semua komponen dalam sekolah mutlak diperlukan. Salah satu aspek yang paling penting adalah mengukur tingkat kesiapan e-learning dalam perencanaan untuk menentukan strategi pengembangan maupun dalam proses pengembangan sebagai evaluasi keberhasilan. TI - PERAN KESIAPAN E-LEARNING DALAM PENGEMBANGAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU T2 - Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT UNY. ISSN: 1907-8366 A1 - Priyanto, Priyanto AV - public SP - 267 M2 - Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2008/// ID - UNY54936 EP - 274 ER -