%0 Thesis %9 S1 %A Nur, Arifah %B Pendidikan Guru Sekolah dasar %D 2012 %F UNY:5493 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA DIORAMA BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PAYAK SRIMULYO, PIYUNGAN, BANTUL %U http://eprints.uny.ac.id/5493/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar melalui pembelajaran dengan media diorama kenampakan alam pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Payak, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui angket dan didukung oleh observasi (pengamatan). Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Payak, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Penelitian ini dilaksanakan dengan teknik kolaborasi dengan teman sejawat. Pada setiap akhir siklus dilakukan refleksi serta didiskusikan dengan teman sejawat dan data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa. Pembelajaran dengan media diorama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Payak, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Peningkatan motivasi belajar siswa tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan perolehan skor minimal 75 yaitu sebelum dikenai tindakan diperoleh prosentase sebesar 32%. Pada siklus I diperoleh prosentase sebesar 52% atau 13 siswa. Pada siklus II mendapat prosentase 80% atau 20 siswa. Kata kunci: motivasi belajar IPS, media diorama, penelitian tindakan kelas