%0 Thesis %9 S1 %A Izzat Fasya, Muhammad %A F. Suharjana, %B Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi %D 2017 %F UNY:54924 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K keterampilan mengajar, guru Penjasorkes, pembelajaran Penjasorkes %T KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017 %U http://eprints.uny.ac.id/54924/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru Penjasorkes dalam pembelajaran Penjasorkes di SMA Negeri se-Kecamatan Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes di SMA Negeri seKecamatan Kebumen yang berjumlah 8 guru dari 2 SMA Negeri di Kebumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru Penjasorkes dalam pembelajaran Penjasorkes di SMA Negeri se-Kecamatan Kebumen berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 guru), “kurang” 12,5% (1 guru), “cukup” 62,5% (5 guru), “baik” 12,5% (1 guru), dan “sangat baik” 12,5% (1 guru). Sebagian besar guru Penjasorkes di SMA Negeri seKecamatan Kebumen memiliki keterampilan mengajar yang cukup baik