eprintid: 54902 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 9 dir: disk0/00/05/49/02 datestamp: 2018-01-15 02:05:46 lastmod: 2019-01-30 15:49:12 status_changed: 2018-01-15 02:05:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arifah, Annisa Nur creators_name: Retnowati, Endah title: PENGARUH PENDEKATAN WORKED EXAMPLE DAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VIII ispublished: pub subjects: F4 divisions: fmipa_jurdik_math_pend_math full_text_status: public keywords: worked example, problem solving, kemampuan retensi, kemampuan berpikir kreatif abstract: Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) menguji apakah ada perbedaan pengaruh antara pendekatan worked example dan problem solving ditinjau dari kemampuan retensi, dan (2) menguji apakah ada perbedaan pengaruh antara pendekatan worked example dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian posttest-only grup design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII yang belum mempelajari materi panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran dan panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran. Sedangkan sampel penelitian adalah kelas VIII A dan VIII D di SMP Negeri di Depok, Sleman, Yogyakarta. Instrumen penelitian berupa tes retensi dan tes kreatif. Instrumen telah dinyatakan valid oleh validator ahli sebanyak dua orang. Serta reliabilitas instrumen menunjukkan hasil yang reliabel (alpha cronbach tes retensi = 0,821 dan alpha cronbach tes kreatif = 0,524). Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh antara pendekatan worked example dan problem solving ditinjau dari kemampuan retensi dengan pendekatan Worked Example lebih berpengaruh daripada pendekatan problem solving. (2) Tidak terdapat perbedaan pengaruh antara pendekatan worked example dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif. Dengan kata lain, pendekatan worked example dan problem solving sama-sama dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif. date: 2017-11-29 date_type: published institution: UNY department: Jurusan Pendidikan Matematika thesis_type: skripsi citation: Arifah, Annisa Nur and Retnowati, Endah (2017) PENGARUH PENDEKATAN WORKED EXAMPLE DAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/54902/1/2.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/54902/2/4.%20BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/54902/3/5.%20BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/54902/4/6.%20BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/54902/5/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf