@techreport{UNY54812,
         journal = {Laporan PPL},
     institution = {Universitas Negeri Yogyakarta},
            year = {2017},
            type = {Project Report},
       publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta},
           title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING},
          author = {Dini Sukma Apriliyani Dini Sukma Apriliyani},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/54812/},
        keywords = {PLT, SMA Negeri 1 Sewon, Program PLT},
        abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PLT) semester genap tahun 2017 telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sewon, Jl. Parangtritis km 5 Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55187 selama 2 bulan sejak tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. PLT sebagai usaha untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran serta mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan memecahkan masalah.
Dalam Praktik Pengtalaman Lapangan (PLT) ini mahasiswa terjun langsung ke sekolah dan berbaur dengan warga sekolah. Setelah menjalani proses adaptasi, mahasiswa diharapkan dapat menjalankan tugas pokok, peran, dan fungsinya selama PLT dengan baik. Program utama penulis adalah Kegiatan pembelajaran materi fisika di kelas. Sedangkan program lain yang dilakukan antara lain mempelajari administrasi guru, kegiatan-kegiatan sekolah, serta piket.
Secara keseluruhan semua program terlaksana sesuai dengan perencanaann meskipun adanya hambatan-hambatan baik internal maupun eksternal. Keberhasilan program-program PLT dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan antara sekolah dan mahasiswa. Dampak positif bagi mahasiswa adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru sedangkan untuk sekolah adalah memperoleh memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional.}
}