%0 Thesis
%9 S1
%A Wahyuningsih, -
%B Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
%D 2018
%F UNY:54799
%I PAUD
%T PENDIDIKAN KARAKTER DI PAUD TERPADU AISYIYAH  AMPEL BOYOLALI JAWA TENGAH
%U http://eprints.uny.ac.id/54799/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pendidikan karakter di PAUD Terpadu Aisyiyah Ampel Boyolali. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai karakter pada peserta didik.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian  studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan anak PAUD Terpadu Aisyiyah Ampel Boyolali. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik.  Hasil penelitian menunjukan: 1) alasan sekolah menjadikan pendidikan karakter sebagai salah satu program unggulan karena penanaman nilai-nilai baik adalah salah satu hal utama selain membaca dan menulis. 2) metode penanaman nilai-nilai karakter di PAUD ini dilaksanakan melalui berbagai program yang ada di sekolah. 3) nilai-nilai yang ditanamkan pada anak meliputi; (a) menerima ajaran agama yang dianutnya, (b) disiplin, (c) sabar, (d) mandiri, (e) peduli,  (f) bertanggung jawab, dan (g) jujur, 4) pihak-pihak yang berperan dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu, kepala sekolah, guru, orang tua dan anak. 5) faktor pendukung keterlaksanaan program pendidikan karakter diantaranya; lingkunganan sekolah yang mendukung, orang tua, variasi metode pembelajaran dan media pembelajaran yang mendukung. Faktor penghambat keterlaksanaan program pendidikan karakter adalah lingkungan keluarga yang belum konsisten dalam pelaksanaan pendidikan karakter di rumah.    Kata kunci: pendidikan, karakter, anak