%0 Report %9 Project Report %A SURYOBINTORO, SURYOBINTORO %D 2017 %F UNY:54792 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PLT,SMANegeri1Sewon,Program PLT %T LAPORANINDIVIDU PRAKTIKLAPANGANTERBIMBING %U http://eprints.uny.ac.id/54792/ %X PraktekLapanganTerbimbing(PLT)semesterganjiltahun2017/2018 telahdilaksanakandiSMANegeri1Sewon,Jl.Parangtritiskm 5Bangunharjo, Sewon,Bantul,DaerahIstimewaYogyakarta55187selama2bulansejak tanggal15September2017sampaidengan15November2017PLTsebagai usahauntukmeningkatkanefisiensidankualitaspenyelenggaraanproses pembelajaransertamengembangkankompetensimahasiswasebagaicalon guru atau tenaga kependidikan. PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman belajarbagimahasiswa,terutama dalam halpengalaman mengajar,memperluaswawasan,melatihdanmengembangkankompetensi yangdiperlukandalam bidangnya,meningkatkanketerampilan,kemandirian, tanggungjawab,dankemampuanmemecahkanmasalah. Dalam Praktik Lapangan Terbimbing (PLT)inimahasiswa terjun langsungkesekolahdanberbaurdenganwargasekolah.Setelahmenjalani prosesadaptasi,mahasiswadiharapkandapatmenjalankantugaspokok, peran,dan fungsinya selama PLT dengan baik.Program utama penulis adalah Kegiatan pembelajaran materiBahasaJawadikelas.Sedangkan program lain yang dilakukan antara lain mempelajariadministrasiguru, kegiatan-kegiatansekolah,sertapiket. Secara keseluruhan semua program terlaksana sesuai dengan perencanaannmeskipunadanyahambatan-hambatanbaikinternalmaupun eksternal.Keberhasilanprogram-program PLTdapatmemberikanmanfaat yangsalingmenguntungkanantarasekolahdanmahasiswa.Dampakpositif bagimahasiswaadalahmengembangkankompetensimahasiswasebagai calon guru sedangkan untuk sekolah adalah memperoleh memperoleh kesempatanuntukdapatandildalam menyiapkancalonguruatautenaga kependidikan yangprofesional.