eprintid: 54787 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/47/87 datestamp: 2018-01-03 04:17:27 lastmod: 2019-10-01 11:31:55 status_changed: 2018-01-03 04:17:27 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Sasa Senja Puri, Sasa Senja Puri title: LAPORAN INIDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PLT, SMA N 3 BANTUL, Guru abstract: Universitas Negeri Yogyakarta adalah sebuah Universitas Negeri yang berada di Yogyakarta dan melahirkan generasi pendidik yang selalu meningkatkan kualitas dan efisiensinya dalam dunia pendidikan, hal ini di buktikan dalam sebuah mata kuliah praktek lapangan yaitu Praktek Latihan Terbimbing (PLT). Program tersebut bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai seorang pendidik yang memiliki 4 kompetensi dasar menjadi guru yaitu, pedagogis, sosial, profesional dan berkepribadian. Program PLT adalah program yang difokuskan pada komunitas sekolah, seperti kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan juga kegiatan diluar kelas yang masih berhubungan dengan kegiatan sekolah seperti ekstrakurikuler dan piket guru. Kegiatan PLT menjalin kerjasama dalam berbagai lembaga sekolah, salah satunya adalah SMA N 3 BANTUL yang beralamat di Gaten, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan PLT dibimbing melalui DPL jurusan, DPL pamong, dan juga guru pamong. Selain itu mahasiswa PLT mendapatkan bimbingan dari koordinator PLT SMA N 3 BANTUL dan juga Kepala sekolah mengenai hal apa saja yang di lakukan PLT. Mahasiswa dituntut untuk dapat mengembangkan pembelajaran dan sumber belajar selain itu, mahasiswa harus mengetahui dan belajar mengenai administrasi guru diantaranya adalah RPP, Prota, Prosem, Silabus, penilaian dan masih banyak lagi. Pembelajaran yang menarik sangatlah dituntut dalam proses pembelajaran, salah satu hal yang harus dilakukan adalah membuat media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mempraktekan pembelajaran secara kontekstual. Dengan dilaksanakannya PLT di SMA N 3 BANTUL, diharapkan mahasiswa mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam proses pembelajaran. Selain hal tersebut, diharapkan mahasiswa PLT memiliki pengalaman dalam mengelola administrasi keguruan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan berbagai permasalahan serta dapat mengembangkan diri menjadi seorang guru yang profesional. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Sasa Senja Puri, Sasa Senja Puri (2017) LAPORAN INIDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/54787/1/23.%2014413241048_SASA%20SENJA%20PURI_P.%20SOSIOLOGI%20UNY.pdf