%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui model Cooperative Learning. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penilaian ini adalah dengan tes, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Gedongkiwo Yogyakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian yakni siswa kelas IV yang terdiri dari 30 siswa. Objek penelitian adalah prestasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD Gedongkiwo Yogyakarta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini didukung dengan meningkatnya persentase prestasi belajar siswa. Hasil prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 30% dengan rata-rata nilai 65,66 menjadi 56,6% dengan rata-rata nilai 76,03 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,3% dengan rata-rata nilai 78,43 pada siklus II. Kata kunci: Cooperative Learning, Prestasi Belajar, IPA. %T UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA %A Irmayanti Irmayanti %I PGSD %D 2018 %L UNY54781