TY - JOUR N2 - Dalam rangka diseminasi hasil penelitian, tujuan penelitian pada tahun ketiga ini ialah: 1) Mendiskripsikan proses desiminasi media kartu kwartet eksplorasi karir 2) Menguji keefektifan permainan kartu kwartet untuk meningkatkan pengetahuan karir pada anak-anak SD kelas rendah, 3) Membandingkan efektivitas metode permainan kwartet antara metode konvensional, memori, dan pesan berantai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan karier diberikan pada tahap pre dan post tindakan kepada 254 siswa kelas 1, 2, 3 dari sekolah di DIY yang menjadi target menggunakan media. Analisis data secara kuantitatif dengan analisis uji beda tentang signifikansi peningkatannya. Hasil penelitian: 1) Diseminasi media dilaksanakan melalui forum pelatihan dan Focus Group Discussion pada 75 guru SD kelas rendah (kelas 1, 2, dan 3), untuk dilanjutkan pelatihan bermain pada siswa masing-masing kelas yang dibimbingnya. 2) Ketiga metode secara signifikan efektif untuk meningkatkan pengetahuan karir anak SD kelas rendah, dengan masing-masing p <0,05. 3) Ada perbedaan efektivitas secara signifikan antara ketiga metode bermain untuk meningkatkan pengetahuan karier anak SD kelas rendah dengan p <0,05; metode yang paling efektif secara berturut-turut ialah metode pesan berantai (M=16,84), metode konvensional (M=14,52), dan metode memory game (M=10,99). Y1 - 2017/// KW - Karier KW - Anak SD KW - Kelas Rendah TI - Pengembangan Karir Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah A1 - Yulia Ayriza, M.Si. A1 - Agus, Triyatno A1 - Nanang, Erma G., S.Pd. A1 - Farida Agus, Setiawati AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/54778/ ID - UNY54778 N1 - Laporan Hasil Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2017 JF - Artikel Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2017 ER -