%0 Report %9 Project Report %A Aprilia Kartikasari, Aprilia Kartikasari %D 2017 %F UNY:54770 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PLT, Praktik mengajar, SMA N 3 Bantul %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) %U http://eprints.uny.ac.id/54770/ %X Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMA Negeri 3 Bantul telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Tujuan diadakannya Praktik Lapangan Termbimbing (PLT) adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga mahasiswa diharapkan mempunyai bekal dan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Kegiatan PLT yang dilaksanakan terdiri dari beberapa tahap antara lain tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap persiapan, mahasiswa melakukan observasi dan persiapan perangkat pembelajaran. Dalam pelaksanaan, mahasiswa telah melakukan pertemuan sebanyak 7 kali di kelas X IPA 1 dan 6 kali di kelas X IPA 2. Berdasarkan hasil praktik mengajar, mahasiswa telah menyampaikan materi hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik unsur (TPU), sifat keperiodikan unsur, ikatan kimia dan bentuk molekul di kelas X MIPA 1. Di kelas X MIPA 2 mahasiswa telah menyampaikan materi perkembangan TPU, hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam TPU, sifat keperiodikan unsur dan ikatan kimia. Pada tahap evaluasi, mahasiswa telah melakukan Penilaian Harian dan/atau Perbaikan serta penugasan untuk materi perkembangan tabel periodik unsur, hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur, sifat keperiodikan unsur dan ikatan kimia. Sedangkan untuk materi bentuk molekul, mahasiswa hanya memberikan tugas saja di kelas X MIPA 1 mengingat keterbatasan waktu. Selama kegiatan PLT mahasiswa mendapatkan bimbingan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan. Berdasarkan kegiatan PLT yang telah dilakukan, mahasiswa dapat melakukan kegiatan PPL dengan baik, beberapa kendala yang ada dapat diatasi dengan baik. Kegiatan PPL telah memberikan pengalaman nyata tentang dunia pendidikan khususnya di sekolah. Hal ini mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebagai calon pendidik.