%L UNY54754 %X Tujuan penelitian tahun pertama ini adalah menghasilkan alat penilaian terintegrasi (MAPT) soft skills dan hard skills untuk SMK Boga. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analysis, design,developed, implementation, evaluation). Pengembangan tahun pertama meliputi 1) kegiatan tahap analysis: melakukan analisis kebutuhan kerja soft skills dan hard skills, dan kompetensi dasar serta target pembelajaran aspek produktif, melalui kegiatan Forum Group Discussion (FGD). 2) Tahap design: menyusun rumusan MAPT, tahap developed adalah mengembangkan MAPT melalui forum FGD.3) validasi konstruk MAPT menggunakan analisis faktor berdasarkan nilai loading factor dengan maximum likelihood berpedoman pada nilai Eigenvalues ≥ 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ditemukan: a) 8 soft skills: bekerja dalam tim, kemampuan selalu belajar, komunikasi, disiplin, pemecahan masalah, kreatifitas dan inovasi, usaha keras mencapai sukses, komitmen, tanggung jawab serta b) topik hard skills: perencanaan hidangan, pengolahan dan penyajian makanan, mengontrol biaya, manajerial, pelayanan makanan dan evaluasi pekerjaan. Hasil analsis MAPT menunjukkan bahwa Perencanaan hidangan, pengolahan dan penyajian makanan, mengontrol biaya, manajerial, pelayanan makanan dan evaluasi pekerjaan adalah stabil dan memenuhi reliabilitas %A Hamidah Siti %A Sugiyono Sugiyono %A M.Si. Sutriyati Purwanti %A Ekawatiningsih, M. Pd Prihastuti %K soft skills dan hard skills. terintegrasi. alat evaluasi %O Laporan Hasil Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2017 %J Artikel Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi 2017 %D 2017 %T PENGEMBANGAN MODEL ALAT PENILAIAN TERINTEGRASI (MAPT) SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS SEBAGAI PENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMK BOGA