eprintid: 54744 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/47/44 datestamp: 2018-01-03 00:22:50 lastmod: 2019-10-01 11:31:36 status_changed: 2018-01-03 00:22:50 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: RIZQI ‘AMALIYA, RIZQI ‘AMALIYA title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Praktik Lapangan Terbimbing , Pendidikan Ekonomi , SMA N 2 Banguntapan abstract: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan suatu wadah untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Praktik Lapangan Terbimbing atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 15 September s.d. 15 November 2017 berlokasi di SMA N 2 Banguntapan. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam bimbingan PLT, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3 dan X IPS 4. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013 (K13). Begitu pula dengan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP), penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode Contextual Teaching Learning dan Problem Based Learning Sedangkan media yang digunakan adalah White Board, LCD, spidol, lembar kerja dan mengadakan tugas individu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang telah disampaikan. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 8kali, dalam praktiknya mahasiswa telah mengajar sebanyak 25 kali pertemuan dengan alokasi masing-masing 3 jam pelajaran setiap pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PLT yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: RIZQI ‘AMALIYA, RIZQI ‘AMALIYA (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/54744/1/Laporan%20PLT%20Rizqi%20Amaliya.pdf