%A Rinda Kurnianingrum %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) cara guru untuk menanamkan sikap sosial melalui pembelajaran IPS pada siswa kelas V di SD Negeri Pengkol dan 2) hambatan guru untuk menanamkan sikap sosial melalui pembelajaran IPS pada siswa kelas V di SD Negeri Pengkol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V serta kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah menurut Miles dan Huberman yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) cara guru untuk menanamkan sikap sosial melalui pembelajaran IPS antara lain dengan membiasakan siswa melalui kegiatan rutin seperti membiasakan siswa untuk bersalaman dengan guru, berdoa, piket, dan membiasakan untuk 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun), melalui keteladanan dengan cara menunjukkan sopan santun, kedisiplinan dan menghargai, melalui kegiatan spontan dengan cara menegur dan menasehati jika perbuatan siswa kurang baik, melalui pengkondisian di dalam maupun di luar kelas, mengajarkan solidaritas, kerjasama, dan tenggang rasa pada siswa, dan mengintegrasikan dalam mata pelajaran. Dalam pengintegrasian ke dalam mata pelajaran, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menyisipkan penanaman sikap sosial kepada para siswa, (2) dalam penanaman sikap sosial ditemui hambatan yaitu guru masih kesulitan dalam menanamkan sikap sosial kepada siswa yang susah diatur. Selain itu, terkadang siswa lupa untuk melakukan seperti yang telah diajarkan di sekolah karena ketika di rumah ada yang tidak dibiasakan seperti yang diajarkan di sekolah. Kata kunci: sikap sosial, mata pelajaran IPS %L UNY54729 %I PGSD %D 2018 %T PENANAMAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI PENGKOL, KELURAHAN SIDOARUM, KECAMATAN GODEAN, KABUPATEN SLEMAN