%0 Thesis %9 S1 %A Wijayanti, Risma Yunita %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:54728 %I PGSD %T UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DOMINO PECAHAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SINDUADI 1 SLEMAN YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/54728/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan menggunakan media Kartu Domino Pecahan untuk siswa kelas III SD Negeri Sinduadi 1. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Penelitian ini menggunakan model Hopkins. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas III SD Negeri Sinduadi 1, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep pecahan dengan media Kartu Domino Pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis, lembar observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep pecahan siswa kelas III SD Negeri Sinduadi 1 meningkat setelah diterapkan media Kartu Domino Pecahan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan pada pra tindakan sebesar 31,25% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 53,13% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Nilai rata-rata pra tindakan adalah 68,93, pada siklus I menjadi 75,63 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,19. Kata kunci: Bruner, konsep pecahan, kartu domino pecahan,