%0 Thesis %9 S1 %A Azizah, Nurul %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:54723 %I PGSD %T INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA DI SD NEGERI 1 NGULAKAN KULON PROGO %U http://eprints.uny.ac.id/54723/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial anak tunagrahita di SD N 1 Ngulakan, Kulon progo, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian satu anak tunagrahita. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dan alat perekam. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak tunagrahita berinteraksi sosial dengan anak normal, sesama anak tunagrahita, anak berkebutuhan khusus lain, dan guru secara wajar. Interaksi sosial dilakukan selama proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran secara individu serta dengan kelompok. Kemampuan anak tunagrahita dalam berinteraksi sosial didukung adanya penerimaan teman-temannya dan upaya guru dalam menyampaikan isi pesan dengan bahasa yang lebih konkrit. Meskipun dapat berinteraksi, namun anak tunagrahita tersebut mengalami hambatan ketika berinteraksi sosial di sekolah. Hambatan yang dialami anak tunagrahita dalam berinteraksi sosial disekolah meliputi; a) keterbatasan dalam menangkap isi pembicaraan; b) kontrol emosi yang kurang; c) mengimitasi tindakan tanpa kritik; dan d) tidak tertarik untuk berinteraksi dengan teman lawan jenis. Kata kunci: interaksi sosial, hambatan interaksi sosial, tunagrahita