%0 Thesis %9 S1 %A Amin, Muhammad Rois %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:54720 %I PGSD %T PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS AWAL SD NEGERI PERCOBAAN 2 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/54720/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran di kelas awal SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta, hambatan-hambatan yang dialami oleh guru dalam memanfaatkan media pembelajaran, dansolusi yang diambiloleh guru untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, guru kelas 1, 2, dan3. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan instrument lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan model Burhan Bungin (2003:70) yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mempersiapkan media pembelajaran dan mencantumkan di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pelaksanaan proses pembelajaran dengan memanfaatkan media bertujuan untuk menunjang dan mempermudah guru dalam menerangkan materi pelajaran kepada siswa. Guru menjelaskan langkah-langkah penggunaan media dan mengawasi penggunaannya apabila siswa terlibat dalam penggunaan media pembelajaran. Tindak lanjut pembelajaran dilakukan untuk memantapkan pemahaman siswa tentang materi yang dibahas dengan menggunakan media. Kegiatan tindak lanjut yang dilakukan guru diantaranya: diskusi, eksperimen, observasi, latihan dan tes. Hambatan yang dialami oleh guru bersifat teknis, misalnya pemadaman listrik dan siswa yang lamban dalam belajar. Solusi yang diambil guru yakni dengan mengganti metode dan media pembelajaran yang sesuai. Guru memberikan bimbingan secara khusus dan intensif kepada siswa yang lamban belajar. Kata kunci : pemanfaatan, media pembelajaran, kelas awal