%0 Thesis %9 S1 %A Kholilullah, Muhammad %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:54718 %I PGSD %T PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DIPADU DENGAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 1 SEDAYU %U http://eprints.uny.ac.id/54718/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi penerapan metode pembelajaran yang tepat diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan metode eksperimen dipadu dengan card sort pada siswa kelas V dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD Negeri 1 Sedayu Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menggunakan model Hopkins. Instrument penelitian yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan observasi untuk mengukur keterlaksanaan proses pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan metode pelajaran eksperiman dipadu dengan card sort. Hal itu dapat diketahui dari rata-rata hasil belajar siswa pada pra-suklus mengalami peningkatan di siklus I dan siklus I mengalami peningkatan di siklus II. Dari 28 siswa diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra-siklus adalah 67,14 di siklus I mengalami peningkatan menjadi 70,89 dan di siklus II mengalami peningkatan sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 77,86. Kata kunci: Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Eksperimen, Card Sort