%0 Thesis %9 S1 %A Al’alawiyah, Miftaahul Hidayah %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2018 %F UNY:54716 %I PGSD %T PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS VA DI SD MUHAMMADIYAH KARANGHARJO BERBAH SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/54716/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter religius pada siswa kelas VA di SD Muhammadiyah Karangharjo Berbah Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian secara purposive. Subjek penelitian, yaitu guru kelas, guru agama, kepala sekolah, dan siswa kelas VA. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan karakter religius pada siswa kelas VA dilakukan dengan cara menanamkan nilai religius keyakinan, pengetahuan agama, praktik agama, rasa/pengalaman, dan pengamalan/konsekuensi untuk membentuk karakter religius yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya. Nilai-nilai religius tersebut dilaksanakan melalui (1) program pengembangan diri, diantaranya melalui (a) kegiatan rutin yang meliputi sholat dhuha, berdo’a, tadarus, TPA, dan sholat dzuhur berjama’ah, (b) kegiatan spontan seperti menegur dan menasihati siswa, reward/punishment, menjenguk yang sakit/takziyah, infaq/shodaqoh, (c) pemberian keteladanan seperti berpakaian rapi dan sopan, bertutur kata yang baik, taat dalam beribadah, berperilaku terpuji, (d) pengkondisian yang meliputi pengkondisian di dalam kelas dan di luar kelas, (2) pengintegrasian dalam pembelajaran yang meliputi silabus dan RPP serta penyisipan dalam mata pelajaran, (3) melalui budaya sekolah yang meliputi budaya yang ada di kelas, sekolah, dan luar sekolah. Kata kunci: pelaksanaan, pendidikan karakter, religius, siswa kelas VA