@article{UNY54701,
         journal = {Artikel Penelitian Hibah Pascasarjana 2017},
            note = {Laporan Hasil Penelitian Hibah Pascasarjana 2017},
            year = {2017},
          author = {Wilujeng Insih and Suryadarma I Gusti Putu},
           title = {PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POTENSI
LOKAL UNTUK MENINGKATKAN CAPAIAN NOS (NATURE OF SCIENCE)},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/54701/},
        abstract = {Tujuan utama penelitian mengujicoba luas hasil pengembangan perangkat
pembelajaran IPA berbasis potensi lokal tahun I.  Tujuan khusus (tahun II) menganalisis
pengaruh pembelajaran IPA berbasis potensi lokal terhadap capaian NOS (Nature of
Science) dan mendeskripsikan kharakteristik pembelajaran IPA berbasis potensi lokal
untuk meningkatkan capaian NOS. Metode penelitian dalam multi tahun adalah R \& D,
sedangkan pada tahun II (ujicoba lapangan luas) secara khusus menggunakan metode
kuasi eksperimen. Desain penelitian nonequivalent control group. Instrumen penelitian
meliputi perangkat pembelajaran IPA berbasis potensi lokal (produk hasil
pengembangan/instrumen pembelajaran). Penelitian dilakukan pada tahun II melibatkan
subjek penelitian guru dan siswa kelas VII-VIII SMP. Tempat penelitian potensi lokal
bawang merah di SMP Negeri 2 Wedarijaksa dan MTs Mathaliul Falah Juwana di
Kabupaten Pati; pembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal gula jawa
di SMP Negeri 1 Muntilan dan SMP Muhammadiyah Tanjung Kabupaten Magelang;
potensi lokal pengolahan daun cengkih di SMP Negeri 3 Ngaglik dan SMP PIRI Ngaglik
Kabupaten Sleman; potensi lokal pembuatan ukir kayu dan gerabah di SMP Negeri 4
Sewon dan SMP Muhammadiyah Sewon, Kabupaten Bantul; dan potensi lokal
Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di SMP Negeri 1 Imogiri dan SMP
Muhammadiyah Imogiri Kabupaten Bantul. Instrumen penelitian meliputi pedoman
wawancara, angket, lembar observasi, dan tes. Teknik analisis data deskriptif kualitatif
dan statistik Inferensial. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan 
pembelajaran IPA berbasis potensi lokal terhadap capaian NOS (Nature of Science);
deskripsi pembelajaran berbasis potensi lokal meliputi pembelajaran dengan domain
IPA dan scientific approach; potensi pertanian bawang merah diintegrasikan materi
?Objek IPA dan Pengamatannya?; potensi lokal industri gula jawa dan pengolahan daun
cengkeh diintegrasikan materi ?Perubahan Benda di Sekitar Kita?; potensi lokal
pembuatan gerabah dan mebel diintegrasikan materi ?Sifat Bahan (tanah liat \& kayu)
dan Pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari?; serta pembangkit Listrik Mikrohidro 
(PLTMH) diintegrasikan materi ?Energi?},
        keywords = {perangkat pembelajaran; potensi lokal; NOS}
}