%0 Report %9 Project Report %A Erry Ersani, Erry Ersani %D 2017 %F UNY:54684 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PLT, Pembelajaran, SMA N 2 Banguntapan %T LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PLT %U http://eprints.uny.ac.id/54684/ %X Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu isi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sesuai dengan hal tersebut, maka mahasiswa mempunyai tanggung jawab dalam pendidikan untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan pihak kampus secara akademik. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilakukan di SMA Negeri 2 Banguntapan yang beralamat di Glondong, Wirokerten, Banguntapan, Bantul. Praktik Lapangan Terbimbing mempunyai kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Selain itu, dengan adanya kegiatan tersebut maka dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah berhasil secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah atau lembaga pendidikan lain. Kegiatan praktik mengajar dilakukan oleh mahasiswa (penulis) di kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 dengan sistem bergantian (rolling) dengan rekan PLT satu jurusan. Tema materi yang diajarkan adalah “Persebaran Flora dan Fauna di Dunia dan di Indonesia”. Kegiatan pembelajaran di kelas dilakukan sebanyak tujuh belas pertemuan dengan pembagian lima pertemuan merupakan praktik mengajar terbimbing dan dua belas pertemuan merupakan praktik mengajar mandiri. Program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa dalam rangka mendukung kegiatan pembelajaran yaitu 1) pembuatan silabus, 2) pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), 3) pembuatan media pembelajaran, dan 4) pembuatan soal penilaian harian. Hasil yang diperoleh dari kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing ini yaitu mahasiswa memiliki pengalaman untuk membuat administrasi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran dan mengikuti kegiatan-kegiatan non-mengajar. Selain itu, selama kegiatan PLT juga memberikan pelajaran dan pengalaman kepada mahasiswa mengenai kehidupan sekolah, mengelola kelas saat pembelajaran, dan berusaha memahami karakteristik siswa.