?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F54679%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+LAPANGAN+TERBIMBING&rft.creator=Artanti+Mulia+Hertina%2C+Artanti+Mulia+Hertina&rft.subject=LPPMP&rft.description=Praktik+Lapangan+Terbimbing+(PLT)+merupakan+mata+kuliah+wajib+ditempuh+oleh+setiap+mahasiswa+kependidikan+di+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+Tujuan+Praktik+Lapangan+Terbimbing+(PLT)+adalah+melatih+mahasiswa+agar+memiliki+pengalaman+faktual+tentang+proses+pembelajaran+dan+kegiatan+kependidikan+lainnya+di+sekolah%2C+sebagai+bekal+untuk+mengembangkan+diri+menjadi+tenaga+yang+profesional+yang+memiliki+pengetahuan%2C+sikap+dan+keterampilan.+Selain+itu+dalam+praktik+lapangan+terbimbing%2C+diharapkan+mahasiswa+untuk+bisa+mengaplikasikan+beragam+teori+yang+mereka+dapat+di+bangku+kuliah.%0D%0AKegiatan+PLT+Universitas+Negeri+Yogyakarta+tahun+2017+dilaksanakan+di+SMA+N+2+Banguntapan+pada+tanggal+15+September-+15+November+2017.+Kegiatan+yang+telah+dilaksanakan+meliputi+pengajaran+mikro%2C+kegiatan+observasi+pembelajaran+di+kelas+yang+dilaksanakan+pada+saat+KBM+berlangsung%2C+pelaksanaan+PLT%2C+pembuatan+perangkat+pembelajaran+dan+evaluasi.+Semua+tahap+harus+dijalani+secara+runtut+dan+tertib.+Inti+kegiatan+praktik+lapangan+termbimbing+ini+terdiri+dari+dua+bidang+yaitu+praktik+mengajar+dan+administrasinya+serta+kegiatan+rutin+piket+harian+yaitu+pendampingan+guru+piket.%0D%0APraktik+Lapangan+Terbimbing+di+SMA+N+2+Banguntapan+dilakukan+di+kelas+XI+IPA+4.+Praktik+mengajar+ini+menggunakan+media+power+point+dan+papan+tulis+kemudian+metode+ceramah%2C+diskusi+dan+demonstrasi+serta+model+discovery+learning+dalam+mengajarkan+materi+termokimia+dan+laju+reaksi.+Praktik+Lapangan+Terbimbing+(PLT)+dapat+terlaksana+dengan+baik+dan+dapat+memenuhi+target+frekuensi+mengajar+yang+telah+ditetapkan+yaitu+minimal+menggunakan+8+RPP+selama+mengajar.+Dalam+pelaksanaan+PLT%2C+tidak+semua+kegiatan+berjalan+dengan+lancar%2C+ada+beberapa+hambatan+yang+ditemui.+Hambatan+yang+ditemui+oleh+praktikan+dalam+melaksanakan+PLT+antara+lain+pembagian+waktu%2F+alokasi+waktu+dalam+mengajar+kurang+efektif.+Dengan+mengetahui+hambatan+yang+dihadapi%2C+praktikan+akan+lebih+mampu+dalam+memecahkan+masalah+yang+ada+saat+berada+di+lapangan%2C+sehingga+dapat+meningkatkan+ketrampilan%2C+kemandirian%2C+tanggung+jawab%2C+wawasan%2C+dan+pengembangan+kompetensi+untuk+bekal+yang+bermanfaat+di+masa+depan+menjadi+seorang+guru+professional.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2017&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F54679%2F1%2FLaporan%2520PLT%2520Artanti%2520Mulia%2520Hertina.pdf&rft.identifier=++Artanti+Mulia+Hertina%2C+Artanti+Mulia+Hertina++(2017)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+LAPANGAN+TERBIMBING.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++