eprintid: 54675 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/46/75 datestamp: 2018-01-02 04:02:47 lastmod: 2019-10-01 11:25:16 status_changed: 2018-01-02 04:02:47 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Akmaludin Alfathan Harris, Akmaludin Alfathan Harris title: LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Program PLT, SMA N 2 Banguntapan, Seni budaya, Pendidikan Seni Rupa abstract: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan universitas yang mengutamakan kemajuan dalam sektor pendidikan. Demi terwujudnya generasi pendidik yang profesional UNY memberikan bekal berupa pengetahuan dan keterampilan dalam dunia kependidikan salah satunya dengan dilaksanakannya serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Hal ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) diadakan di sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta sebagai lembaga yang mencetak pendidik-pendidik berprestasi. Metode yang digunakan diantaranya observasi pra PLT, pengadaan kuliah pengajaran mikro/micro teaching, penyusunan rancangan program, pembekalan oleh DPL PLT, persiapan mengajar dengan konsultasi guru pembimbing, memberikan materi tentang Miniatur KBM, pelaksanaan program dan monitoring oleh DPL Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dan penyusunan laporan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Dalam pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta 2017 berlokasi di SMA N 2 Banguntapan, mahasiswa mendapat banyak pengalaman dalam mencari ilmu tentang bagaimana menjadi seorang guru yang memiliki kompetensi yang sesuai. SMA N 2 Banguntapan mempunyai mata pelajaran Seni Budaya seperti sekolah pada umumnya, program studi Seni Rupa merupakan program studi yang dilaksanakan oleh penulis. Dalam mata pelajaran Seni Budaya, setiap siswa mempunyai karakter unik dan kebiasaan yang berbeda karena proses belajar mengajar lebih mengutamakan kebebasan berekspresi. Dimana setiap siswa membutuhkan pembimbingan khusus. Sehingga membutuhkan perlakuan dan cara mengajar yang berbeda pula. Praktik Lapangan Terbimbing (PPL) membiasakan mahasiswa untuk menghadapi situasi dimana pendidik harus bertindak cepat untuk menghadapi persoalan yang sedang terjadi. Pengalaman yang didapat dalam belajar dan bertindak merupakan pengalaman yang berharga sebagai sebagai modal bekerja dimasa depan. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Akmaludin Alfathan Harris, Akmaludin Alfathan Harris (2017) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/54675/1/Laporan%20PLT%20Akmaludin%20Alfathan%20Harris.pdf