%0 Journal Article %A Grendi, Hendrastomo %A Ariyawan Agung, Nugroho %A LPPM UNY, %D 2017 %F UNY:54648 %J Artikel Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017 %K Majalah Digital, Pengembangan Media, Inovasi Pembelajaran %T INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI MAJALAH DIGITAL %U http://eprints.uny.ac.id/54648/ %X Perkembangan teknologi telah mengubah banyak hal. Salah satu bentuknya adalah pengaruh internet dalam dunia pendidikan. Internet merupakan salah satu bentuk teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang cukup signifikan di masyarakat. Di dalam dunia pendidikan, merebaknya gawai dalam skala luas dengan didukung penyediaan internet dalam kecepatan akses yang tinggi telah mengubah cara belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengembangkan majalah digital yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran sosiologi SMA dan melakukan uji kelayakan majalah digital dari aspek materi dan media Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, dimana tahapan penelitian ini dimulai dengan studi pendahuluan untuk mengetahui karakteristik peserta didik dan sekolah, studi pendahuluan ini dilakukan dengan kuesioner dan analisis kuantitatif, pengumpulan data, penyusunan model majalah elektornik, dan uji kelayakan dikembangkan produk media majalah digital dan diuji kelayakan baik dari sisi konten materi maupun media. Pengembangan media majalah digital ini seiring dengan inovasi pembelajaran melalui pengembangan media yang sesuai dengan isu strategis UNY terkait dengan pengembangan teaching based research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran sosiologi yang dilakukan guru di kelas memadukan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Dorongan oleh guru ditunjukkan dengan 94.9 % peserta didik menyatakan bahwa guru memperkenankan penggunaan peralatan elektronik dalam pembelajaran. Sebanyak 98.5 % peserta didik menyatakan bahwa mereka menggunakan peralatan elektronik dalam menunjang proses pembelajaran. Ragam pengintegrasian media pembelajaran digital dalam pembelajaran seperti pengunaan laptop dan smarthphone serta memanfaatkan akses internet untuk mendukung dan memperkaya materi pembelajaran. Hal ini didukung dengan 97.8 % peserta didik memiliki dan menggunakan laptop, smarthphone, serta akses internet, dengan proporsi 0.7 % hanya membawa Laptop, 64.2 % memiliki Handphone, 0.7 % membawa Handphone dan Tablet, serta 31.4 % membawa Laptop dan Handphone di sekolah. Materi pendukung diperoleh dari e-book, youtube, dan artikel. Tingkat penggunaan media oleh peserta didik sebesar 76.6 % menggunakan e-book, 69.3 % mengakses youtube, 10.9 % mengakses artikel, dan 66.4 % peserta didik menggunakan media untuk memahami materi melalui latihan soal. %Z Laporan Hasil Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017