%A Mulyani Endang %A Supriyanto Supriyanto %A Widiastuti, M.Pd. Anik %X Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengembangkan model evaluasi hasil belajar mata kuliah kewirausahaan, (2) mengetahui tingkat kelayakan model evaluasi hasil belajar mata kuliah kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Model penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi tujuh langkah pengembangan. Prosedur pengembangan model evaluasi hasil belajar mata kuliah kewirausahaan terdiri dari empat tahapan yaitu studi pendahuluan, perencanaan produk, pengembangan produk, evaluasi dan diseminasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan model evaluasi hasil belajar mata kuliah kewirausahaan dilakukan dengan mengikuti langkah Borg & Gall yang disederhanakan menjadi 4 langkah, menghasilkan model evaluasi dan instrumen evaluasi hasil belajar mata kuliah kewirausahaan yang berupa instrumen penilaian pengetahuan (tes tertulis), sikap (observasi dan penilaian diri), dan keterampilan (penilaian produk, penilaian praktik wirausaha, serta penilaian weekly meeting); (2) kelayakan model evaluasi hasil belajar mata kuliah kewirausahaan berdasarkan hasil analisis data validasi ahli diperoleh skor 4,42; uji coba penggunaan oleh dosen diperoleh skor 4,2325; serta uji coba penggunaan oleh mahasiswa diperoleh skor 4,067, yang secara keseluruhan berada pada kriteria sangat baik. %K pengembangan, model evaluasi, hasil belajar, kewirausahaan %O Laporan Hasil Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017 %L UNY54646 %D 2017 %J Artikel Penelitian Pengembangan Bidang Ilmu 2017 %T PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI HASIL BELAJAR MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN