eprintid: 54617 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/46/17 datestamp: 2017-12-28 07:58:15 lastmod: 2019-10-01 11:26:16 status_changed: 2017-12-28 07:58:15 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Desi Lisufiana, Desi Lisufiana title: LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Laporan, PLT abstract: PLT adalah praktik pengalaman lapangan merupakan suatu kegiatan aplikatif yang dilakukan oleh mahasiswa ke sekolah langsung. Dengan kegiatan ini maka mahasiswa dapat mengasah keterampilannya dan kompetensinya sebagai calon pendidik yang baik. Di bangku perkuliahan didapatkan ilmu sebagai bekal menjadi pendidik yang baik sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah mengasah keterampilan mahasiswa dan kompetensinya baik kompetensi kepribadian ,pedagogik,profesional,dan sosial serta dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam mengajar dan melakukan pembelajaran yang baik khususnya pembelajaran kimia. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini dilakukan di SMA N 1 Jetis. Pemanahan ini dilakukan selama 2 bulan mulai dari tanggal 15 Juli 2017 sampai 15 September 2107. Dalam kegiatan PLT ini terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu meliputi kegiatan praktek persekolahan atau praktek kegiatan sekolah. Kegiatan praktek mengajar di kelas dengan dibimbing oleh Guru pembimbing yaitu Ibu Leni Widiastuti, S.Pd. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas X sebanyak 2 kelas yaitu X MIPA 1, dan X IPS 2. Sementara kegiatan praktik persekolahan bertujuan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini juga meliputi literasi mengaji bersama guru, dan melakukan absensi kelas. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 33 kali pertemuan di kelas dan melakukan kegiatan praktik persekolahan maka didapatkan hasil bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam mengajar pembelajaran dikelas sesuai dengan RPP. Hambatan yang ada dapat dipecahkan berkat bantuan dari guru pembimbing dan DPL pembimbing lapangan sehingga kegiatan PLT dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat untuk mahasiswa calon pendidik. date: 2017 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Desi Lisufiana, Desi Lisufiana (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/54617/1/14205241007_DESI%20LISUFIANA_PEND.BAHASA%20JAWA.pdf